Thursday, December 22, 2011

Tak Bernilai Tapi Berharga




Ada sebuah pernyataan, "sesuatu yang tak memiliki nilai maka ia tidak ada harganya". Benarkah demikian? Sebagai contoh, sebuah gelas pecah. Ia sudah tidak memiliki nilai jual lagi, atau meskipun masih bisa dijual ke tempat rongsok harganya pasti akan sangat rendah jika dibandingkan dengan harga beli awal. Untuk analogi ini mungkin pernyataan di atas benar adanya. Namun, apakah kita dapat menggeneralisasi pernyataan tersebut?

Nope. Apa buktinya? Yuk kita cari contra example dari pernyataan tersebut!

Nol. Ya, bilangan nol (0). Kita tahu bahwa bilangan 0 tidak memiliki nilai.  Jika ia berdiri sendiri, maka bilangan 0 bisa dikatakan tidak ada harganya. Namun 0 akan sangat berharga jika ia disandingkan dengan bilangan lain. Misalnya kita memiliki uang sebesar Rp. 10.000,-. Jika kita tambahkan satu saja bilangan 0 di belakangnya maka nilainya akan berubah menjadi Rp. 100.000,- atau dengan kata lain dengan satu buah bilangan 0 kita sudah mengubah nilai dari sebuah bilangan menjadi 10 kali lipatnya. Sebaliknya, jika kita kehilangan satu buah 0 maka nilainya akan menjadi Rp. 1.000,-.Nilai yang cukup drastis penurunannya jika dibandingkan dengan nilai awal.

So, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa sesuatu yang tak bernilai itu pasti tak berharga. Karena ada si 'nol' yang memang tak bernilai namun kehadirannya dapat mengubah dunia. Satu kalimat yang ingin disampaikan yaitu 'Don't judge the book from the cover!'

Hidup 0!!! ^^

3 comments:

curious fifu said...

dalam fisika ada istilah angka penting,,,
nol itu menjadi angka penting jika diletakkan di depan angka lain tetapi bukan angka penting jika diletakkan di belakang angka lain. menurut pendapat anda seperti apa?

Evi Nur Aprianti said...

To blogfifu:
Segala sesuatunya itu tergantung dari sudut pandang mana kita menilai. Secara matematis, jika nol berdiri sendiri memang belum memiliki nilai. Ataupun jika kita meletakkan nol di depan suatu bilangan, maka nol tersebut pun tidak berbunyi. Kecuali dalam penulisan dgn tujuan2 tertentu, misalnya penuisan no.hp, angka nol di depan akan sangat berharga. Nah, untuk angka penting yg ada dalam fisika, ya...bisa seperti itu. Hanya saja saya kurang paham dengan konsep angka penting dalam fisika. Bisakah anda menjelaskannya sebagai tambahan ilmu bagi saya?

Anonymous said...

Angka penting juga ada di statistik evaiiyyy.. :)

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 Precious Life. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.