Thursday, June 7, 2012

Bermain dengan Delphi

Borland Delphi 7, ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang ada. Anda tentu pernah mengenal atau setidaknya mendengar kata Pascal, nah... Delphi ini sebenarnya berasal dari Pascal.

Untuk apa Delphi itu?
Kegunaan Delphi sendiri itu sangatlah banyak. Kita dapat membuat program sendiri dengan menggunakan Delphi. Berdasarkan pengalaman saya ketika belajar Program Aplikasi Komputer, kita bisa membuat program yang mendukung pembelajaran, khususnya pembelajaran Matematika. Kita dapat membuat program untuk konversi suhu, persamaan dan fungsi kuadrat, grafik fungsi trigonometri, sampai kalkulator scientific pun kita dapat membuatnya sendiri. Tak hanya itu, program Delphi pun dapat digunakan untuk membuat gambar dan animasi.

Berikut adalah contoh program yg dibuat oleh Delphi:





Ini adalah tampilan awal dari program yang telah dibuat. Ketika kita menekan tombol Bangun Datar, maka akan muncul beberapa bangun datar yang sudah dibuat seperti pada gambar. Begitu juga jika kita memilih Bangun Ruang dan Gambar Lain.
Bangun Datar

Bangun Ruang

Gambar Lain

Kita bisa berkreasi dengan membuat gambar sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja dengan menggunakan bahasa pemrograman Delphi.

Berikut adalah contoh program kalkulator yang dibuat dengan menggunakan Delphi:


Untuk log in, Anda cukup menuliskan apa saja di kotak nama dan password, dengan catatan apa yang dituliskan itu persis sama. Misalnya, Anda menuliskan kata 'saya' di kotak nama, maka Anda juga harus menuliskan kata 'saya' di kotak password. Jika ada yg berminat dengan program kalkulator ini, silahkah unduh di sini:


Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari Delphi? Selamat berkreasi...^^

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright (c) 2010 Precious Life. Design by WPThemes Expert
Themes By Buy My Themes And Cheap Conveyancing.